#htmlcaption1 #htmlcaption1 Go UP! pure javascript. no jquery. no flash. #htmlcaption2 Stay Connected
Posted by : Unknown Tuesday 1 October 2013



                     Kisah “PAK SOFYAN” Berjuang Melawan Sakit
Lembah Biru Desa Malino
14-Juni-2013



Diselah-selah berjalannya Materi Training I**B* PD-MAKASSAR malam itu, saya memilih untuk nonkrong di warkop bambu yang mungkin ukuran warkop itu sekitar 3x2 kaki bukit lembah biru desa malino. Berharap mendapatkan sesuatu yang lain dari desa ini selain merasakan dinginnya suhu yang harus membuatku memakai jaket tiga lapis malam itu. Langkah demi langkah mencoba menerangi jalan setapak desa bersama HP komuniketer ku menghampiri warkop yang dituju.

Setibanya di warkop itu, seperti biasa terlebih dahulu memilih berbincang-bincang bersama pemilik warkop sebelum memesan kopi hitam setengah sendok gula andalanku.., ditengah perbincangan, tepat di belakang kami seorang ayah separuh baya dan seorang anak gadis kecilnya memungut-mungut kayu kering dan membakarnya. Sambil memotong perbincangan kami, saya sempatkan bertanya kepada pemilik warkop..”dua orang itu siapa bu..?”ibu itu menjawab “itu suami dan anak saya”terus ibu itu nanya balik “kenapa..?”Saya nanya balik “maaf bu’ suami ibu sakit apa, kenapa pipi-nya membengkak..?”ibu itu menjawab dengan santainya dan sedikit senyuman “oh..suami saya sudah 2 tahun ini terkena penyakit kanker ganas, tahun lalu sempat dibawah berobat di salah satu rumah sakit kota makassar tapi keluarga terkendala di dana, makanya keluarga memilih berobat kampung saja tapi sampai sekarang tidak ada perubahan”.

Mungkin saya terlalu cepat menyimpulkan hasil pembicaraan kami yang begitu singkat dan saya bisa menangkap, mengapa ibu itu menjawab pertanyaan saya dengan santainya dan sedikit senyuman“mungkin ditengah keterbatasan dan keputusasaan keluarga untuk biaya berobat ibu itu merespon pertanyaanku dengan santainya, karena sempat ibu itu menyinggung bahwa sampai hari ini tidak ada satupun pemerintah daerah memberi bantuan untuk meringankan biaya perobatan suaminya”

Nama suami ibu itu Pak Sofyan” bekerja sebagai penjaga pekarangan lokasi penginapan Lembah Biru Desa Malino, tepat posisi rumah dan warkop bambu ukuran 3x2 itu berada di sebelah kanan sudut jalan 100 meter sebelum tiba ke lokasi penginapan Lembah Biru Desa Malino.




Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Copyright © 2013 HIMSENA-UH - Designed by Creative Team -