#htmlcaption1 #htmlcaption1 Go UP! pure javascript. no jquery. no flash. #htmlcaption2 Stay Connected
Posted by : Unknown Tuesday 20 August 2013



  Identitas Organisasi
  • Nama Organisasi : Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Peternakan Universitas Hasanuddin
  • Singkatan            : Himsena-UH
  • Tanggal Berdiri    : 28 November 1986
  • No Inventaris      : - UU No.2 Thn 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
                                      - SK. Mendiknas No. 155/u/1998 Tentang Pedoman Umum Organisasi     
                                         Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi.
  • Alamat                 : Jalan Perintis Kemerdekaan KM 10, Parkir Timur UNHAS Tamalanrea,   Makassar
Dasar Pembentukan HIMSENA
     Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Peternakan (HIMSENA) didirikan pada Tanggal 28 November 1986 ketika itu, Mayoritas orang menjadi bisu dibungkam oleh keadaan politik yang menekan dan mencekam. Wacana Pembangunan diisi dan dimonopoli oleh kekuasaan orde Baru yang Otoriter dan Korup. Mayoritas rakyat, Universitas (kampus), intelektual, LSM, Pers, dan DPR dibungkam. Karena tidak ada kontrol dan tidak ada oposisi yang efektif agar proses politik menjadi berbudaya dan beradab, agar politik lebih toleran, menghargai dan menghormati perbedaan pendapat.
     Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Peternakan (HIMSENA) organisasi Struktur yang berlinearitas dengan jurusan Sosial Ekonomi Peternakan Universitas Hasanuddin, untuk membantu kinerja mahasiswa Sosial Ekonomi Peternakan Guna sebagai mitra dalam pengembangan Mahasiswa dan alumninya dalam mewujudkan Tridarma Perguruan Tinggi dan ikut mencerdaskan kehidupan bangsa.
     Sejarah perjalanan berbangsa dan bernegara, Indonesia sedang mengalami sebuah stigma baru, sebuah perubahan yang cukup mendasar dalam segmen kehidupan bermasyarakat, terutama perubahan dalam pola ketatanegaraan yaitu dari pemerintah yang nyaris totalitas murni menuju sebuah sistem pemerintahan yang demokratis sebagai konsekuensinya, situasi ini sangat mempengaruhi seluruh pranata kehidupan yang ada, tidak hanya insitusi politik, tetapi juga institusi ekonomi, sosial budaya dan hukum. Pengaruh tersebut tidak hanya pada dimensi struktural tetapi juga dimensi kultural.
     Sebagai perubahan, maka yang terkandung didalamnya ada unsur peluang, bahaya dan korban. Oleh karena itu, untuk menjalani proses perubahan tersebut dibutuhkan tanggungjawab moral, kedewasaan, dan kearifan oleh seluruh komponen bangsa, tidak hanya penata dan pelaku kebijakan, karena jika tidak demikian, maka justru kehancuran kehidupan bangsa dan negara yang kita tuju.
     Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Peternakan Universitas Hasanuddin (HIMSENA-UH) sebagai salah satu komponen bangsa yang mempunyai tanggung jawab moral yang telah menjadi jati dirinya, dan telah ter-manifestasikan tercatat dalam sejarah perjalanan bangsa ini.
     HIMSENA-UH telah menunjukkan peran ke-peloporannya dalam membangun formasi sosial yang telah menempatkan masyarakat dalam posisi signifikan dalam kehidupan struktural masyarakat. Terlebih lagi dalam menghadapi situasi perubahan saat ini yang telah dimulai menuntut ke-unggulan kualitas sumber daya manusia dalam berbagai dimensi. Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Peternakan (HIMSENA-UH) semakin teguh dengan fungsi dan perannya sebagai organisasi kader dan sebagai sumber insani pembangunan sesuai dengan tujuan HIMSENS-UH yaitu "Mewujudkan Pendidikan Nasional dan Tri Dharma Perguruan Tinggi".

Maksud dan Tujuan HIMSENA
     Organisasi ini berbentuk wadah warga HIMSENA dengan maksud dan tujuan didirikan untuk membangun sikap kritis dan menggugah komitmen masyarakat guna mewujudkan Pendidikan Nasional dan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang bermartabat, berkeadilan sosial dan demokratis, berperikemanusiaan dari segala bentuk penjajahan dan penindasan.

Issu yang ditangani
     Masalah Kemanusiaan (Hak asasi Manusia, Lingkungan Hidup, dll), Masalah Keadilan (Pengkaderan demokrasi, Penegakan Hukum, Keadilan Sosial, Politik, Ekonomi, Pelatihan, dll).

Aktifitas (Agenda Kerja)
     Jaringan kerja, Pengkaderan, Pendidikan dan Pelatihan, Investigasi, Advokasi, Aksi Kemanusiaan, Kajian Strategis (Diskusi terbatas, diskusi terbuka, Seminat, Lokakarya), Penyebaran Informasi, Monitoring dan kontrol kebijakan dan agenda insidental.

Sumber Dana
  • Swadaya Warga
  • Usaha Yang Produktif
  • Bantuan yang Tidak mengikat

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Copyright © 2013 HIMSENA-UH - Designed by Creative Team -